Wednesday, February 11, 2009

Lumpia Semarang





Bahan :

Untuk kulit:
* 250 gr tepung terigu
* 250 cc air
* 1 putih telur
* 1 sdt garam

Untuk isi:
* 1/2 kg rebung, iris halus
* 250 gr daging ayam giling
* 50 gr ebi, cuci haluskan
* 200 gr udang, kupas, iris halus
* 6 bh bawang merah, iris halus
* 3 siung bawang putih, iris halus
* 3 btg seledri, iris halus
* 1/2 sdt merica bubuk
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt gula pasir
* 1/2 sdt bumbu penyedap rasa
* 1/2 sdm kecap asin
* 1/2 sdm kecap manis
* minyak goreng secukupnya

Untuk pelengkap :
* acar mentimun dan cabai rawit.
* saus bawang putih: Haluskan 2 siung bawang putih, beri gula pasir, garam, dan cuka secukupnya. Tambahkan sedikit air matang, aduk rata.
* saus manis: Larutkan 2 sdm tepung sagu dengan 150 cc air. Masak di atas api hingga menjadi bubur cair, beri irisan gula merah dan kecap manis, aduk rata.


Cara Membuat :

1. Untuk kulit: Campur rata semua bahan. Uleni hingga dapat dipulung. Tempatkan wajan datar di atas kompor dengan api kecil. Olesi dengan minyak, tuang adonan, gerakan dengan 1 gerakan, lalu tarik cepat. Jika pinggirnya telah kering, angkat, tempatkan di atas talenan. Letakkan selembar daun pisang agar tidak melekat.
2. Buat isi: panaskan 3 sdm minyak di wajan, tumis ebi hingga harum. Masukkan udang dan daging ayam giling, aduk-aduk hingga tidak berair. Angkat. Sisa minyak ditambahkan 2 sdm minyak goreng lagi, gunakan untuk menumis. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan rebung, aduk hingga lemas. Masukkan tumisan daging dan udang, beri kecap, 100cc kaldu ayam, dan semua bumbu. Masak hingga kering, masukkan seledri, aduk rata.
3. Ambil selembar kulit, letakkan 1 sdm adonan isi. Luipat, olesi pinggiran lipatan dengan adonan cair yang terbuat dari terigu dan air agar melekat. Lakukan hingga adonan habis.
4. Goreng lumpia hingga matang dan berwarna kecklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan pelengkap

Untuk kurang lebih 10 buah.

No comments:

Post a Comment